Monday, August 31, 2020

Pertemuan 6-Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kraksaan Kolaboratif Aspek Perkembangan Kesadaran Tanggung Jawab Sosial- Selasa, 1 September 2020

 Selamat pagi anak-anakku kelas XI IPS. Kembali berjumpa pada mapel sosiologi edisi kelompok sosial. Nah kemarin kan kalian telah mengetahui mengenai dimensi kelompok sosial. Apa sih dimensi-dimensi itu maksudnya? Mari ikuti bacaan di bawah

1. Dimensi sejarah berkaitan dengan masalah tumbuh dan berkembangnya suatu kelompok. Ini berarti sebuah kelompok memiliki sejarah perkembangan dan pertumbuhan berkaitan dengna perjalanan kelompok tersebut. Sebuah kelompok dilihat dari sisi sejarahnya. 

2. Dimensi institusi, berkaitan dengan institusi sosial atau institusi ekonomi 

3. Dimensi gerakan sosial, baik yang diprakarsai oleh pihak yang menginginkan perubahan atau mereka yang ingin mempertahankan keadaan yang sudah ada. Ini artinya kelompok dilihat dari yang menginginkan perubahan dan tetap pada keadaan lama. Berpotensi terjadi konflik horizontal dan meluas. 

4. Dimensi perilaku, salah satu perilaku yang tampak yakni terjadinya diskriminasi pada anggota berbagai kelompok. Diskriminasi terjadi karena adanya sikap saling mengedepankan kelompoknya sendiri. 

5. Dimensi perilaku kolektif, tindakan bersama oleh sejumlah besar orang, bukan tindakan individu semata. Artinya tindakan kelompok meskipun terdiri dari banyak individu, merupakan sebuah tindakan bersama. Kolektif, bukan perorangan. 

6. Dimensi sikap, timbulnya prasangka atau stereotip dan memunculkan sikap partikular dan eksklusif. Ini yang nantinya memunculkan partikualrisme kelompok dan eksklusivisme kelompok. 

Nah selain dimensi kelompok tersebut, ada pula yang dinamakan Eksklusivisme dan partikularisme kelompok. 

Partikularisme kelompok berarti sistem yang mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan umum atau aliran politik, ekonomi, kebudayaan yang mementingkan daerah atau kelompok khusus, sukunya sendiri. Orang yang menganut ini maka akan memperlakukan keluarga, atau anggota sesuku atau sedaerahnya lebih baik dari orang lain, dan membiarkan orang lain yang tidak sedaerah dengannya untuk mengurus dirinya sendiri. 

Eksklusivisme kelompok adalah paham yang memiliki kecenderungan memisahkan diri dari masyarakat. 

Nah untuk pertemuan berikutnya kita akan membahas mengenai Pola hubungan antarkelompok. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan langsung WA pribadi atau komen di google classroom yaa. Jangan  lupa mengisi link daftar hadir di bawah ini. Terima kasih dan tetap semangaat. 

Link daftar hadir: https://forms.gle/Uvwv2Wdc2QLWDred9

No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...