Wednesday, August 26, 2020

Pertemuan 5-Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kraksaan Kolaboratif Aspek Perkembangan Kesadaran Tanggung Jawab Sosial- Rabu, 26 Agustus 2020

 Assalamualaikum, salam sejahtera, selamat pagi para peserta didik luar biasa kelas XII IPS. Bagaimana kabarnya hari ini?? Bismilah semoga selalu sehat dan bersemangat walau menghadapi situasi pandemi covid 19. Jangan lupa selalu memakai masker dan menaati protokol kesehatan yaa. 

Oh iya, hari ini kita akan belajar mengenai bentuk perubahan sosial. Sudah ada yang tahu atau belum? Perubahan sosial tentunya memiliki jenis-jenis. Tidak hanya satu. Apa saja sih bentuknya? Cek di bawah ini yaa..

1. Perubahan Lambat (Evolusi)

Rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dan berjalan lambat. Pada evolusi, perubahan berjalan dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu. 

2. Perubahan cepat (Revolusi)

Perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau sendi-sendi kehidupan masyarakat. Dalam revolusi, perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan dan dapat terjadi dengan kekerasan atau tanpa kekerasan. Ukuran kecepatan juga relatif, karena revolusi yang tanpa percepatan pergantian biasanya juga berjalan lambat. 

3. Perubahan kecil

Perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak begitu membawa pengaruh besar

4. Perubahan besar 

Perubahan yang berpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga-lembaganya, seperti sistem kerja, hak milik tanah, hubungan keluarga, dan stratifikasi di masyarakat. Intinya, perubahan itu membawa dampak besar ke masyarakat. 

5. Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan 

Perubahan yang diperkirakan atau direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan dalam masyarakat.

6. Perubahan yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan

Perubahan yang berada di luar jangkauan atau pengawasan masyarakat. Perubahan ini bisa membawa akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat. 

7. Perubahan Struktural dan perubahan proses 

Perubahan struktural : perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. 

Perubahan proses : perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan itu hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. 

Nah beberapa pemaparan di atas merupakan kegiatan belajar sosiologi kita hari ini. Yuk diskusi pada link di bawah ini. Terima kasih dan tetap semangaat yaa...

Link daftar hadir : https://forms.gle/FqYSakzDwteNA4pu8

No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...