Tuesday, August 11, 2020

Pertemuan 4-Pembelajaran Sosiologi Daring Kolaboratif Aspek Perkembangan Kesadaran Tanggung Jawab Sosial Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kraksaan-Rabu, 12 Agustus 2020

        Selamat pagi anak-anakku kelas XII IPS, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat wal afiat dan bersemangaat yaaa. Kita kembali akan belajar sosiologi secara daring pada pagi hari ini. 

        Setelah minggu lalu kita belajar mengenai faktor penghambat perubahan sosial, kali ini kita akan belajar mengenai teori perubahan sosial. Materi ini menjelaskan mengenai apa yaa?? Selengkapnya bisa kalian lihat di bawah ini: 

1. Teori Siklus 

Melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi sekarang memiliki kemiripan dan kesamaan dengan apa yang terjadi sebelumnya. 

2. Teori Perkembangan 

        Perubahan dapat diarahkan ke titik tujuan tertentu, seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat yang modern yang kompleks. Dibagi menjadi dua yaitu teori evolusi dan teori revolusi. Tiga tahap teori perkembangan menurut Comte : 

a) Tahap Teologis

b) Tahap Metafisik

c) Tahap Positivis atau Alamiah 

3. Teori Gerakan Sosial 

        Ketidakpuasan terhadap kondisi tertentu yang ada dalam masyarakat adakalanya menimbulkan gerakan sosial, dimana sebagian besar orangmengorganisasikan diri untuk memperjuangkan perubahan. 

4. Teori Modernisasi 

        Teori modernisasi melihat bahwa perubahan negara-negara terbelakang akan mengikuti jalan yang sama dengan negara industri di barat. Teori ini melihat negara berkembang perlu melakukan modernisasi untuk lepas landas menjadi negara maju. Teori ini juga melihat negara berkembang memiliki banyak keterbelakangan. 

        Demikian materi hari ini, silakan jika ada pertanyaan silakan mengisi pada daftar hadir dengna link di bawah ini. Semangaat selaluu. 

Link daftar hadir : https://forms.gle/QZSY4T7w6aKqiZ5G8



No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...