Monday, August 10, 2020

Pertemuan 4-Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kraksaan-Selasa 11 Agustus 2020

 Assalamualaikum selamat pagi anak-anakku kelas XI IPS. Bagaimana kabarnya hari ini? Masih semangat kah? Tetap semangaat walau misalnya baru mandi atau bahkan belum mandi, hehe, bercanda kok. ALhamdulillah pak Ziqi mengapresiasi dan salut kepada kalian yang masih tetap berusaha mengikuti pembelajaran daring hingga saat ini. Walau mungkin tidak semaksimal pembelajaran tatap muka, tapi kalian sudah berusaha semaksimal mungkin. Terima kasih. 

Pada pembelajaran 1 hingga tiga kemarin kita sudah berbicara banyak mengenai apa itu kelompok sosial, sampai pada ciri-cirinya. Nah, pertemuan kali ini kita akan kepoin tentang apa saja sih bentuk kelompok sosial itu? Hmm, sudah ada yang tahu kah??

Kelompok sosial terbagi menjadi beberapa wujud: 

Menurut Emile Durkheim (ini Suci yang fasih nyebutnya, gimana Cik nyebutnya?? Waktu yang dulu di kelas itu, Hiihihi), ada dua kelompok sosial yaitu: 

1. Kelompok sosial berdasarkan solidaritas mekanik

2. Kelompok sosial berdasarkan solidaritas organik 

Menurut Ferdinand Tonnies, kelompok sosial dibagi menjadi dua, yakni: 

1. Paguyuban

2. Patembayan 

Menurut Cooley dan Ellsworth kelompok sosial terdiri atas 

1. Kelompok primer

2. Kelompok sekunder 

Menurut Sumner kelompok sosial terbagi atas: 

1. In-Group

2. Out-Group 

Naah, untuk pemahaman dan contohnya bagaimana?? Silakan berkreasi dengan mencari menggunakan bahasa kalian sendiri. Semangaat. Minggu depan kita bertemu lagi dengan topik lanjutan dan tambahan topik berbeda. Salam sehaat. 

Jangan lupa mengisi daftar hadir yaa dengan mengisi link di bawah ini. 

Link: https://forms.gle/4T4mwSqJZQzTbVi38

No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...