Monday, July 20, 2020

Pertemuan 1-Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas XII IPS-Rabu 22 Juli 2020

Definisi Perubahan Sosial
        Pada pertemuan pertama, kita akan mengawali belajar mengenai perubahan sosial. Ada kah yang pernah mengetahui atau membaca mengenai perubahan sosial? 
Kehidupan kita pasti akan selalu mengalami perubahan. Jika 100 tahun lalu orang kesulitan untuk menghubungi saudaranya yang berjarak 100 kilometer dari rumahnya, saat ini sudah tidak lagi. Tanya kabar bisa melalui ponsel yang ada aplikasi WA nya, menelepon langsung, hingga memakai aplikasi zoom meeting. Hal ini lah yang dapat kita namakan sebagai perubahan. 
        Bahasa kerennya, perubahan pada dasarnya adalah modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Artinya ada pergeseran pada struktur sosial dan pola budaya pada masyarakat tertentu. Pergeseran-pergeseran itu lah yang menjadi pemahaman dari perubahan. 
Lantas apa sih yang bisa kita namakan perubahan sosial??
        Perubahan yang terjadi pada masyarakat sepajang masa. Gejala umum yang terjadi pada masyarakat sepanjang masa. Jadi perubahan sosial bisa kita katakan niscaya atau pasti akan terjadi pada setiap masa. Dulu kita tidak pernah mengira akan ada ojek online. Sekarang ternyata ojek online telah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Indonesia. Ini lah perubahan-perubahan sosial yang nyata terjadi. 
        Perubahan sosial juga bisa berupa dua hal loh. Yakni kemajuan dan kemunduran. Kemajuan jika perubahan sosial semakin memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya dan dalam menjalani kehidupan. Sedangkan mundur, jika perubahans sosial malah lebih dominan membawa ke arah yang tidak menguntungkan. 
Nah, sampai sini dulu yaa materinya. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan pada post comment di bawah bacaan ini. Salam sehat dan semangat selalu untuk kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kraksaan. 

Berikut link daftar hadir pada pertemuan 1 ini. Silahkan diklik ya

4 comments:

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...