Monday, August 3, 2020

Pertemuan 3 Pembelajaran Sosiologi Daring Kolaboratif Aspek Perkembangan Kesadaran Tanggung Jawab Sosial Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kraksaan, Selasa 04 Agustus 2020

        Selamat pagi anak-anakku kelas XI IPS, alhamdulillah kita kembali bisa bertemu secara daring pagi ini melalui blog pak Ziqi. Bagaimana kabarnya hari ini? Adakah yang kurang enak badan? Atau alhamdulillah sehat semua? Intinya tetap semangat dan jaga selalu imunitas atau daya tahan tubuh selama pandemi ini yaa. Termasuk saat kita bersama belajar sosiologi. 
Okee, kali ini bersama-sama lagi kita akan belajar mengenai sosiologi. Kalau kemarin kita sudah belajar mengenai pengertian kelompok sosial, ciri kelompok sosial, ada yang ingat tidak hari ini kita akan belajar apa?? hayooo
        Ya, tepat sekali, kali ini kita akan membahas mengenai proses dan faktor pembentuk kelompok sosial. Ada yang sudah mencari di internet kah mengenai proses dan faktor pembentuk kelompok sosial?? Kalau belum, ayo bersama membaca bahan tulisan di bawah untuk mengenal lebih jauh apa sih proses dan faktor pembentuk kelompok sosial itu. Hmmm, apa yaaa...😕

        1. Proses Pembentuk Kelompok Sosial 
Manusia hakikatnya selain makhluk individu juga merupakan makhluk sosial. Artinya secara kodrat, tidak dapat hidup tanpa orang lain. Senantiasa membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu manusia harus membentuk dan mengembangkan hubungan sosial dengan orang lain. Setelah melakukan interaksi/hubungan dengan orang lain, maka untuk bisa bertahan maka manusia membentuk kelompok. 
Suatu kelompok sosial baru terbentuk ketika terdiri atas minimal dua orang yang saling berinteraksi dan memengaruhi. Semakin banyak yang saling berinteraksi dan memengaruhi, akan terciptalah sebuah kelompok besar. Ketika nanti kelompok tersebut tertata dan terikat struktur sosial, maka lambat laun terbentuk lah kelompok sosial. 

        2. Faktor Pembentuk Kelompok Sosial
Berikutnya yang akan kita bahas adalah faktor pembentuk kelompok sosial. Tentu ada faktor-faktor yang membentuk kelompok sosial. Apa saja sih faktor-faktor itu?
1. Kepentingan yang sama 
2. Pertalian darah atau keturunan yang sama
3. Daerah atau wilayah yang sama

        Nah, anak-anakku, demikian lah seklumit materi mengenai proses dan faktor pembentuk kelompok sosial. Minggu depan kita akan belajar mengenai berbagai bentuk dan jenis kelompok sosial. Ditunggu yaa meeting selanjutnyaa..
        Jangan lupa mengisi google form pada link di akhir bacaan yaa. Kemudian isi lengkap sesuai perintah yang ada pada form tersebut. Terima kasiih.
Link daftar hadir dan evaluasi materi: https://forms.gle/NwCRV4AKEZMVVuw48 

No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...