Friday, August 7, 2020

Pertemuan 2 Layanan BK Daring Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kraksaan, Sabtu 08 Agustus 2020

         Selamat siang anak-anakku kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kraksaan. Kembali berjumpa bersama pak Ziqi dalam layanan Bimbingan dan Konseling Daring Era Pandemi Covid 19. Saat ini saya paham kalian mengalami banyak hal berbeda baik dalam pembelajaran maupun layanan BK. Tentu kondisi ini tidak kita inginkan. Namun dengan tetap bersama-sama, saya yakin kita semua dapat menjalani ini dengan penuh kesabaran dan ketabahan. Jadi yuk bareng-bareng belajar. 

         Saat kalian belajar di rumah selama ini, bagaimana perasaan kalian? Apakah sempat merasakan jenuh? Nah kali ini pak Ziqi akan membagikan mengenai strategi mengatasi kebosanan atau kejenuhan. Namun kalian tidak harus mengikuti ini. Tiap anak memiliki karakteristiknya masing-masing. Mempunyai cara sendiri-sendiri. Cara ini bisa kalian jadikan alternatif untuk dilaksanakan di rumah selama melaksanakan kegiatan belajar daring di rumah. 

        Ada beberapa cara yang bisa anak-anak lakukan: 

1. Lakukan hobi sesuai bakat dan minat. Misalnya selama ini jarang bisa meluangkan waktu menyalurkan hobi memasak, kali ini silakan bisa bekreasi untuk memasak. Bahkan hasilnya bisa digunakan untuk membantu orang tua di rumah. Baik bisa dijual maupun untuk makan sehari-hari. 

2. Lakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh. Masa belajar di rumah ini bisa Anda maksimalkan untuk melakukan olahraga ringan dan konsisten di rumah. Misalnya berjalan kaki dan jogging. Tujuannya untuk menyegarkan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Saat tubuh anda segar, maka pikiran akan lebih terbuka. Tentunya tetap memerhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Termasuk membiasakan tidak bersalaman dengan orang lain dan mencuci tangan. 

3. Tetap jaga komunikasi dengan bapak ibu guru. Walau pun belajar di rumah, silakan tetap menjaga komunikasi dengan bapak ibu guru. Terutama jika mengalami kesulitan selama pembelajaran atau layanan BK Daring. Kalau pun bukan tentang pelajaran juga dibolehkan asalkan tetap mempertimbangkan waktu. Intinya jika ada kesulitan jangan putus asa. Tetap berdiskusi dengan bapak ibu guru untuk bersama mencari solusinya. 

4. Berkebun dan beternak. Ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kejenuhan selama di rumah. Kita merawat tanaman baik pangan maupun hias untuk menghijaukan lingkungan rumah. Tiap hari menyiram dan merawat akan membuat kita bisa belajar dari alam tentang pentingnya menjaga kehidupan. 

 

        Beberapa hal tersebut merupakan kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kejenuhan selama belajar di rumah. Bisa ada banyak cara lainnya sesuai cara kalian, jadi yang paling utama jaga kesehatan dan tetap dekat dengan keluarga yaa agar selalu semangat. 

 

Akhir kegiatan kita, silakan mengklik link di bawah ini untuk mengisi daftar hadir pada pertemuan hari ini. Tetap semangat anak-anakku walau di tengah pandemi. Link daftar hadir:

https://forms.gle/UDAzgZY2eLQpsZZ89

No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...