Tuesday, July 28, 2020

Pertemuan 2-Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kraksaan, Rabu 29 Juli 2020

        Selamat pagi anak-anakku kelas XII IPS, kembali berjumpa pada blog pak Ziqi untuk belajar mengenai Sosiologi. Sudah kangen kah dengan materi berikutnya? hehe, saya harap begituu. Sebab materi ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan kalian sehari-hari. Perubahan sosial. Ya, perubahan. Sesuatu yang pasti terjadi, dan akan terus terjadi. Dan semua individu harus siap menyikapinya. 
        Oh iya, materi pertemuan pertama kemarin sudah kalian baca semua atau belum?? Hayoo ngakuu, sudah apa belum? Belum apa sudah? Kalau belum silakan bisa membaca di blog ini materi hari pertama kemarin. Bagi yang sudah ya tidak apa-apa melihat dan membaca lagi. Sebab materinya ini terus saling berkaitan. Tapi jika sudah paham, yuk kita mulai membahas kelanjutan materi kemarin. 
        Pertemuan 1 lalu kita telah mengulik sedikit mengenai definisi perubahan sosial. Ada yang ingat kah apa itu perubahan sosial? Ayoo diklik lagi materi yang kemarin, hehe. Kali ini kita akan belajar apa sih faktor-faktor penyebab perubahan sosial?? Hmm, penasaran? Mari menuju paragraf selanjutnya. 

Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial yang terjadi pada suatu masyarakat, beberapa diantaranya bisa kalian baca yakni:
1. Faktor Internal
A. Perubahan Jumlah Penduduk

        Setiap masyarakat tentunya mengalami proses sosial di antaranya adalah interaksi sosial dan sosialisasi. Kedua kondisi ini baik cepat maupun lambat akan mengubah pola pemikiran dan tingkat pengetahuan yang akan lebih mempercepat proses perubahan.

        Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.

B. Penemuan Penemuan Baru dalam Masyarakat
        Penemuan baru juga dapat memengaruhi perubahan sosial. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Penemuan baru ini berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan.

C. Konflik

        Faktor penyebab perubahan sosial lainnya adalah adanya konflik di dalam masyarakat. Adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat seperti perbedaan ciri-ciri fisik, kepentingan pendapat, status sosial ekonomi, suku bangsa, ras, agama, dan lain-lain seringkali memicu munculnya konflik.

        Konflik dapat terjaid antarindividu, antarkelompk, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun tidak selalu berakibat negatif.

        Suatu konflik yang kemudian disadari akan memecahkan ikatan sosial biasanya akan diikuti dengan proses akomodasi yang justru akan menguatkan ikatan sosial. Jika demikian, biasanya akan terbentuk suatu keadaan yang berbeda dengan keadaan sebelum terjadi konflik.

D. Pemberontakan atau Gerakan Revolusi
        Revolusi yang terjadi pada masyarakat juga berpotensi besar mengubah tatanan masyarakat. Revolusi terjadi karena keinginan kuat masyarakat untuk berubah. Sedangkan pemberontakan terjadi karena keinginan kuat masyarakat untuk berubah ditolak oleh pemimpin masyarakat tersebut. Revolusi menyebabkan terjadinya perubahan sosial secara besar-besaran. Contohnya ialah kejadian revolusi di Rusia pada tahun 1917 yang menyebabkan perubahan Rusia yang dahulu merupakan kerajaan berubah menjadi diktator proletariat yang dilandaskan pada doktrin marxis.

2. Faktor Eksternal
A. Alam

        Faktor penyebab perubahan sosial dari luar bisa terjadi karena perubahan alam. Hal ini dikarenakan alam juga memiliki peranan yang snagat penting bagi kehidupan manusia.

        Alam merupakan penyedia bahan-bahan makanan dan pakaian, penghasil tanaman, serta sumber kesehatan dan keindahan. Nah, pertambahan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi lambat laun bisa merusak alam.

        Jika jumlah penduduk semakin tinggi, maka akan semakin tinggi juga tekanan terhadap alam. Oleh karena itu, akan terjadi perusakan alam. Contoh dari faktor penyebab perubahan sosial yang disebabkan oleh alam seperti mengeringkan lahan pertanian untuk membangun rumah.

        Padahal hal ini bisa mengakibatkan lahan pertanian menjadi menyempit, serta banyak petani yang kehilangan lahan untuk bertani dan terpaksa bekerja sebagai buruh pabrik atau pekerjaan yang lainnya.

B. Peperangan

        Adanya peperangan di suatu wilayah juga menjadi faktor penyebab perubahan sosial. Hal ini mengakibatkan berubahnya kepribadian setiap individu sebagai anggota masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

        Perubahan sosial karena peperangan ini bisa terjadi karena melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa perubahan dalam masyarakat tersebut, baik besar maupun kecil.

        Selain itu, akan membawa akibat yang berarti bagi masyrakat setempatnya. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang, karena adanya pemaksaan berbagai kebudayaan oleh negara yang menang perang.

C. Pengaruh dari Kebudayaan dan tata hidup Masyarakat lain
        Hubungan yang di lakukan secara fisik antara dua masyarakat memiliki kecenderungan untuk saling mempengaruhi dan terjadi pertukaran kebudayaan. Jika pengaruh suatu kebudayaan dapat diterima tanpa paksaan, maka disebut demonstration effect. Namun seandainya pengaruh suatu kebudayaan saling menolak, maka disebut cultural animosity.

        Jika suatu kebudayaan memiliki taraf yang lebih tinggi dari kebudayaan lain, maka akan muncul proses imitasi yang lambat laun unsur-unsur kebudayaan asli dapat bergeser. Pertemuan tersebut terjadi akibat adanya komunikasi massa antara kedua belah pihak.
        Nah anak-anak, beberapa hal di atas bisa kita katakan sebagai faktor penyebab perubahan sosial. Menurut kalian, adanya ojek online, selebgram, hingga vloger, merupakan bagian perubahan sosial atau bukan?? Benarkah mereka bagian dari pelaku-pelaku perubahan sosial? Apa penyebab terjadinya hal tersebut??
        Okee, sampai di sini dulu ya perjumpaan kita pada pertemuan kedua ini. Minggu depan kita akan bertemu pada pembahasan berikutnya. Namun jika masih ada yang kurang jelas, silakan bertanya yaa. Dan jangan lupa, mengisi daftar hadir di bawah ini Salam sehat dan semangat selalu yaa. Oh iya jangan lupa follow IG BK SMA Negeri 2 Kraksaan dengan nama akun @bksman2kraksaan. Terima kasiih😊

No comments:

Post a Comment

Come on Guys, Stop Invasion!

  Affirm Position, Condemn Invasion! Masbahur Roziqi The author is an Indonesia citizen who oppose Russian aggresion to Ukraine      The mom...